Fatwa – Sikap Waspada Terhadap…

 

[Diterjemahkan dari rekaman Dauroh Masyayikh Madinah di Kebun Teh Wonosari Lawang – Malang Juli 2007. File : LM 5 syaikh ibrohim ed.mp3 >> 29:02 – 30:27]

 

Fatwa – Sikap Waspada Terhadap…

Oleh : asy-Syaikh Ibrohim bin ‘Amir ar-Ruhaili –hafidzohulloh

 

 

Pertanyaan:

Fadhilatusy Syaikh, hafidzokumulloh, apakah sikap waspada kami dari sebagian ikhwah yang pada mereka terdapat pemikiran yang salah dan menyimpang, adalah sikap yang Salafi? Dimana sikap waspada tersebut dilakukan dengan tidak bermajelis dengannya dan tidak banyak bermuamalah dengannya, karena khawatir kami akan terpengaruh dengannya. Dan jika sikap ini tidak benar, maka apakah hal tersebut termasuk tahazzub? Jazakumulloh khoiron.

 

Jawaban:

Masalah ini dilihat padanya dengan fiqih (yakni : ilmu, pent), yaitu bahwa seseorang –pertama-tama– dituntut untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Maka jika engkau khawatir terjadinya fitnah pada agamamu dikarenakan engkau bergaul dengan sebagian orang, maka jangan bergaul dengan mereka. Carilah keselamatan untuk dirimu. Dan jika engkau mengetahui dengan nikmat yang telah Alloh berikan kepadamu dari ilmu dan fiqh dan juga kekuatan dalam hujjah dan penjelasan, jika engkau duduk bersama mereka dan engkau menasehati mereka dan menjelaskan kepada mereka al-haq sehingga mereka mendapat hidayah karenamu, maka silahkan lakukan dengan tawakkal.

 

Manusia bertingkat-tingkat, sebagian orang memiliki kelemahan, maka orang yang lemah menjauh dari orang yang memiliki syubhat-syubhat. Dan orang yang diberi rizki oleh Alloh berupa kekuatan ilmu dan pemahaman, dan ingin memberi manfaat kepada manusia, maka tidak mengapa ia memberikan nasehat dan menjelaskan kepada orang yang menurut persangkaannya akan mengambil manfaat dari perkataannya, na’am.

 

***

 

[Diterjemahkan dari rekaman Dauroh Masyayikh Madinah di Kebun Teh Wonosari Lawang – Malang Juli 2007. File : LM 5 syaikh ibrohim ed.mp3 >> 29:02 – 30:27]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: