Fatwa – Tentang Muhammad Sholih al-Munajjid

Fatwa : Tentang Muhammad Sholih al-Munajjid

Oleh : asy-Syaikh Ibrohim bin ‘Amir ar-Ruhaili –hafidzohulloh-

Pertanyaan : kami mendengar pada sebuah dauroh yang dihadiri oleh para syaikh dari Mekkah bahwa Syaikh Muhammad Sholih al-Munajjid telah rujuk dari penyimpangannya, dan penyimpangan-penyimpangan itu adalah ketika di awal ia menuntut ilmu, apakah ini benar? Dan apa penyimpangan-penyimpangan yang terdahulu pada syaikh ini?

Jawab : pertama-tama, aku tidak suka berpanjang-panjang, berbicara panjang lebar tentang seorang tertentu, karena jika kita telah mengetahui as-Sunnah maka kita akan mengetahui siapakah Ahlus Sunnah, dan jika kita telah mengetahui bid’ah maka kita akan mengetahui siapakah ahli bid’ah.

Dan orang ini (al-Munajjid, pent) dulu diketahui bahwa ia berada di atas pemikiran al-Ikhwan al-Muslimin, akan tetapi ia memiliki beberapa perkataan yang terkadang sesuai dengan Ahlus Sunnah. ‘Ala kulli haal, kami menyerukan agar mengambil manfaat dari Ahlus Sunnah dan para ‘Ulama Ahlus Sunnah. Dan kita tidak perlu menyelidiki tentang si Fulan, apakah ia sudah rujuk atau belum. Dan hanya saja kita mengambil (ilmu, pent) dari ‘Ulama yang mereka terdidik di atas Sunnah dan tumbuh di atasnya dan menerimanya, sejak mereka masih kecil sampai rambut mereka beruban mereka tetap di atas Sunnah. Maka kita tidak butuh untuk mendengarkan sebagian dari mereka jika…(*) dengan kembali kepada Ahlul ‘Ilmi dari kalangan Ahlus Sunnah. Dan Alloh telah mencukupkan Ahlus Sunnah dari yang selain mereka, dan yang selain mereka butuh kepada mereka.

[Diterjemahkan dari rekaman Dauroh Masyayikh Madinah di Kebun Teh Wonosari Lawang – Malang Juli 2007. File : syaikh ibrohim 7.mp3 >> 46:26 – 47:48]

(*) dalam rekaman sepertinya ada perkataan yang terpotong.

Fatwa syaikh sholih suhaimi, file : syaikh Solih 9.mp3 >> 25:08

Satu Tanggapan

  1. assalammualaikum akhi. ana mau ikutan baca nih artikel untuk nambah ilmu dan persaudaraan. jazakallah khoiron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: