Tasmiyah ketika Hendak Makan adalah “Bismillah” Saja

Tasmiyah ketika Hendak Makan adalah “Bismillah” Saja
Oleh : asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani -rohimahulloh-

Rosululloh shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

يا غلام إذا أكلت , فقل : بسم الله , وكل بيمينك , وكل مما يليك

“Wahai anak kecil, kalau kamu makan ucapkanlah “Bismillah”, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang terdekat darimu!”. [Lihat ash-Shohihah (334)]

Dan dalam hadits ini terdapat dalil bahwasanya As-Sunnah dalam tasmiyah ketika seseorang hendak makan adalah mengucapkan “Bismillah” saja. Dan yang semisal hadits ini adalah hadits Aisyah secara marfu’ : “Jika salah seorang dari kalian makan makanan maka ucapkanlah “Bismillah”, jika ia lupa untuk mengucapkannya di awal makan maka ucapkanlah :

بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

“Bismillaahi fi awwalihi wa aakhirihi”.

Al-Hafidz berkata : “Adapun perkataan An-Nawawi tentang adab makan dalam kitab “Al-Adzkar” : “Sifat tasmiyyah merupakan hal penting yang harus diketahui, dan yang afdhol adalah mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohiim”, Jika seseorang mengatakan “Bismillah” maka ini mencukupinya dan sunnah telah terlaksana.”, aku tidak melihat ada dalil khusus terhadap dakwaannya yang berupa afdholiyah.”

Aku katakan : Tidak ada yang lebih afdhol daripada sunnah Rosululloh sholallohu alaihi wa sallam, “dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad sholallohu alaihi wa sallam”, apabila belum tetap (belum ada dalil shohih, pent) tentang masalah tasmiyah ketika makan kecuali “Bismillah” maka tidak boleh menambah lafadz tasmiyah itu, apalagi jika dianggap penambahan tersebut adalah lebih afdhol darinya (dari “Bismillah” saja, pent), karena pendapat ini adalah menyelisihi apa yang telah kami isyaratkan dalam hadits di atas. “dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad sholallohu alaihi wa sallam”.

[Diterjemahkan dari Aunul Wadud li Taysiiri ma fi as-Silsilah ash-Shohihah minal Fawa’id war Rudud. Takhrij hadits ini selengkapnya lihat di silsilah ash-Shohihah no. 344]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: