Fatwa asy-Syaikh Ali bin Hasan tentang menyingkirkan Buku-buku Ahli Bid’ah

FATWA ASY-SYAIKH ALI BIN HASAN TENTANG MENYINGKIRKAN BUKU-BUKU AHLI BID’AH

[Berikut ini kami nukilkan fatwa asy-Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi dalam Dauroh Masyayikh Urdun Februari 2007 di Ciloto – Bogor Februari lalu, tentang menyingkirkan buku-buku ahli bid’ah]

Pertanyaan : Apakah boleh bagi kepala maktabah di tempat tertentu menyembunyikan sebagian kitab-kitab yang di dalamnya terdapat penyimpangan-penyimpangan, seperti tafsir Fi Dzilalil Qur’an dan yang semisalnya?

Jawaban : Kami katakan tidak boleh, tapi wajib. Karena jika kami katakan boleh, boleh membandingkannya, yakni boleh kamu lakukan dan boleh tidak kamu lakukan. Akan tetapi kami katakan wajib. Oleh karena itu al-Imam Ibnul Qoyyim rohimahulloh menegaskan dalam kitabnya at-Turuq al-Hukmiyyah fis Siyasah asy-Syar’iyyah bahwa melenyapkan kitab-kitab ahli bid’ah adalah wajib, dan orang yang melenyapkannya tidak membayar ganti rugi dan tidak membayar denda…. dan orang yang melenyapkannya tidak membayar denda.

Akan tetapi kita Ahlus Sunnah sebagaimana yang dikatakan Syaikhul Islam :

أهل السنة أعرف الناس بالحق, وأرحمهم بالخلق

“Ahlus Sunnah adalah orang yang paling tahu diantara manusia tentang al-haq, dan paling sayang diantara mereka terhadap makhluk”

Sebagai ganti karena kita menyingkirkan tafsir adz-Dzilal, kita meninggalkan urusan itu begitu saja? Kita ambil tafsir adz-Dzilal dan kita letakkan pada tempatnya tafsir Ibnu Katsir, kita letakan tafsir Ibnu Jarir pada tempatnya, kita letakkan tafsir al-Imam al-Baghowi sebagai pengganti darinya, ini adalah kitab-kitab tafsir Sunnah dan Ahlus Sunnah. Mau apa kita dengan kesesatan ini dalam adz-Dzilal dan yang selainnya? Yang telah terjatuh (karenanya) puluhan bahkan ratusan bahkan ribuan bahkan ratusan ribu dari para pemuda kepada fitnah, melampaui batas, ghuluw dan Irhab (terorisme), dan mereka mengira bahwa mereka sedang berbuat sebaik-baiknya.

***

[Diterjemahkan dari tanya-jawab rekaman Dauroh Masyayikh Urdun di Ciloto Bogor, februari 2007, hari terakhir]

Satu Tanggapan

  1. Klo ada ayat al-Quran guimana? Atau dibakar aja yah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: