MEMBUAT JILBAB BUNDAR

Oleh : Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

alat jahit

Alloh berfirman dalam surat Al-Ahzab : 59 :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Terkadang seorang akhwat yang terbiasa menggunakan jilbab besar agak kesulitan mencari jilbab yang sesuai dengan yang diinginkan karena jarang ada toko yang menjualya atau ada tapi jauh atau kebanyakan yang dijual adalah jilbab yang kecil atau ada hiasannya atau.. atau.. wa ila akhirihi

Sehingga dalam kondisi seperti itu perlu bagi seorang akhwat untuk bisa membuat pakaiannya sendiri.

Membuat jilbab sendiri sebenarnya tidak sulit dan lebih hemat biaya. Berikut ini kami akan menguraikan cara membuat jilbab bundar. Kain yang dibutuhkan adalah kain yang lebarnya 1,5 m sepanjang 2,5 m. Jilbab dengan ukuran ini bila dipakai oleh akhowat yang tinggi badannya sekitar 150 cm panjangnya hampir mencapai mata kaki. kalau mau dikecilkan tinggal disesuaikan ukuran lebar dan panjangnya, tapi kalau mau lebih besar lagi harus mencari kain yang lebarnya lebih dari 1,5 m.

Caranya adalah sebagai berikut :

Bentangkan kain yang lebarnya 1,5 m panjang 2,5 m (gambar 1). Lalu lipat kain menjadi 2 bagian yang sama panjang (gambar 2).

1

Potong kain secara melengkung seperti pada gambar 3 (tanda garis putus-putus), sehingga menjadi seperti gambar 4.

2

Jahit bagian tepi seperti pada gambar 5 (tanda garis putus-putus). Bagian tepi tidak dijahit semuanya, tetapi disisakan bagian atas untuk wajah (yaitu ukuran lingkar wajah dibagi dua).

Untuk membuat penutup dahi gunakan sisa kain yang ada. Caranya ukur lebar dahi dan tinggi dahi, lalu lipat kain sisa dan potong elips dengan panjang sama dengan lebar dahi dan lebar sama dengan tinggi dahi seperti gambar 6. Kalau dibuka lipatannya, hasilnya seperti gambar 7.

3

Lalu tempelkan penutup dahi di bagian dalam jilbab, jahit lingkar muka bersamaan dengan penutup dahi seperti gambar 8.

Kain penutup dahi akan menyisakan kain di bagian atas, bagian ini sebaiknya di-obras (biasanya di toko alat2 jahit). Lalu bagian bawah jilbab di-neci (ini juga biasanya di toko alat2 jahit). Sehingga hasil akhirnya seperti gambar 9.

Untuk kain sisa tadi sebenarnya masih bisa untuk dibuat cadar, tapi agak susah menjelaskannya, mungkin lain kali…

Selamat mencoba!!

***

Sumber: ummushofi.wordpress.com

____________

Tulisan Terkait :

About these ads

29 Tanggapan

  1. masya Allah..antum jago juga mas bikin jilbab…

    yang bikin zaujah, ana sih kagak bisa…

  2. assalamu’alaykum,

    ana numpang copy bolehkan???
    mau ana taro di pustaka ana.

    Jazakalloohu khoyron katsiro.

    Wassalamu’alaykum

    Wa’alaikumussalam warohmatulloh,
    Boleh, semoga bermanfaat.

  3. afwan.
    lupa.
    ada pola untuk gamisnya gak akh?
    afwan jiddan, ana pemula.. tp kepengen bisa jahit baju sendiri.. cos klo beli lumayan mahal dan susah nyarinya :)

    Pola jubah akhwat maksudnya? ada sih, tapi yg punya Ummu SHilah. Dia rencananya mau bikin usaha konveksi baju akhwat.

  4. ukhti, ana ijin ngopi ya

    silahkan, semoga bermanfaat

  5. assalammu’alaykum.ana juga izin copy ukh.ana jg pnh jahit jilbab ndiri tp pjgnya cuma saampe ujung jari aja,tyt kurang pjg…oh y ukh,buka konveksi dmn???moga lancar usahanya^_^ syukron.

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Silahkan ukhti, semoga bermanfaat.
    InsyaAlloh rumah produksinya di jawa timur sambil mengkaryakan keluarga & tetangga di sana sekaligus menjaga hubungan silaturahmi.
    Rencananya pemasarannya melalui agen untuk daerah Jakarta & Jawa Timur, dan melalui Internet untuk se-Indonesia & go internasional kalau memungkinkan.
    Tapi sekarang masih dalam tahap awal, insyaAlloh kalau segalanya berjalan sesuai rencana, awal 2009 akan di launching situsnya.
    Begitulah rencananya… semoga Alloh memberkahi usaha ini…

  6. Masya Allah..
    Sewaktu baru berjilbab besar, ana pun memiliki masalah yang sama : sulit mencari jilbab bundar besar. Makanya ana buat butik khusus akhwat berjilbab bundar, agar akhwat tidak perlu repot menyediakan jilbab bundarnya. Silakan berkunjung ke site kami. Kami menyediakan jilbab bundar berbagai ukurn, mulai sepergelangan hingga ke mata kaki. Juga purdah dan abaya dengan bahan yang berkualitas.Insya Allah kami melayani penjualan ke luar makassar. Semoga dapat membantu.

  7. Gambarnya ga tampak

    Sudah diperbaiki, Jazakillah khoiron atas informasinya.

  8. subhanalloh..
    semoga bermanfaat bagi kaum muslimin..
    Barookallohu fiik….

    Ahlan wa sahlan, wa fiiki barokalloh…

  9. assalamualaikum
    afwan ana pengen minta infonya
    ada gak ya akhwat yg udah punya usaha konveksi dan masih jalan sampai sekarang
    kalo ada…tolong ana dikasih tau nama dan alamat emailnya
    ana pengen kenalan dan numpang tanya2 :)
    afwan sebelumnya
    jazakumulloh khoir
    assalamualaikum

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh,
    Kami lagi membangun bisnis konveksi, tapi belum siap di launching…. masih ada beberapa kendala SDM & supply bahan. Produksi sudah jalan sedikit2 & sudah ditampilkan di situs (belum launching), mudah2an beberapa bulan lagi baru siap berproduksi massal.
    Mungkin ada yang mau sharing informasi atau pengalaman? tafadhdholu…
    Kalau anti mau nanya2, telpon aja istri ana… kan udah kenal…

  10. afwan akh
    apakah istri antum ummu shofiyah dari blitar
    yg dulu teman kuliah ana
    ana belum jelas, siapa istri antum
    afwan
    jazakumulloh khoir

    lha ya itu…

  11. Assalamualaikum,
    Anna mau nanya punya pola untuk membuat purdah bunder gak, Boleh ana tau cara-caranya
    Syukron

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh,
    Ana ga punya, insyaAlloh nanti ana coba minta ke Ummu SHilah atau Ummu Aisyah (yg bikin pola), tapi mungkin agak lama…

  12. saya bersama dengan istri sangat berminat dalam mendakwakan agamai ini khususnya kepada para akhwat dalam hal berbusana muslimah untuk itu kami mohon untuk dapat dikirimkan cara membuat pola jilbab jazakumullah khairan katsiran

    Silahkan pola yang sudah kami posting di atas dipelajari & dipraktekkan..

  13. Assalaamu’alaikum.
    Mau nitip salam aja buat Ummu Shilah, Shofiyyah & Hammad!
    Moga usaha yang lagi dirintis di Blitar semakin lancar & berkah……
    Baarokallohu fiikum…..

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh,
    InsyaAlloh ana sampaikan salam anti. amiin, wa fiikum barokalloh…

  14. Assalamualaikum, akhi, ana izin mengkopi cara membuat jilbab untuk di pajang di blog ana, salam kenal, ana dari jambi, maenlah ke blog ana di tuntutlah-ilmu.blogspot.com, blog itu ana niatkan buat seluruh ikhwan fillah, terkhusus bagi teman-teman ana yang masih kukuh dengan kefahaman LDII nya…

    Jazakumullahu Khaira

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Silahkan akhi, baarokallohu fiik…

  15. @ Ummu Saif & Ummu Rufaidah

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wa barokatuh
    Jadi ingat waktu masih di Malang, mudah-mudahan kita tetap istiqomah ya…

    Ana bikin blog baru nih, alamatnya http://ummushofiyyah.co.cc/

  16. assalamu’alaikum

    syukron ya .. dengan pola ini ana bisa menjahit jilbab sendiri
    boleh gak minta pola gamis/jubahnya?

    wassalamu’alaikum

    wa’alikumussalam wa rohmatulloh,
    Barokallahu fiik semoga bermanfaat

  17. Assalamu’alaikum….

    Ana mohon bantuannya….
    alhamdulillah ana udh pk jilbab krg lebih 4tahunan….
    nah…yg buat ana bingung kalo pake stelan Rok dan blues itu sesuai dengan syar’i belum ya…
    apa ana harus pake gamis….??

    mohon bantuannya….dan kalo harus pakai gamis…ana kesulitan untuk mencari gamis di kota ana…mungkin klo ada yg punya website/blog bisa direferensikan ke ana….

    Waalaikum’sallam

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,

    Al-hamdulillah, semoga Allah memberikan istiqomah kepada anti.
    Boleh saja pakai baju potongan (atasan & rok) atau langsung (gamis/jubah), asal memenuhi syarat-syarat jilbab syar’i. diantaranya :
    1) menutupi seluruh tubuh. ulama khilaf tentang wajah dan telapak tangan apakah termasuk aurat atau tidak. dan yg perlu diingat adalah kaki wanita juga aurat dan disyari’atkan memanjangkan pakaiannya.
    2) bukan merupakan perhiasan. seperti dihias-hias dengan motif bunga2, bordiran yg mencolok, garis2, warna2 yg mencolok, dll. Karena fungsi pakaian bagi akhwat adalah untuk menutupi perhiasannya, jadi janganlah menutup perhiasan dengan perhiasan lainnya.
    3) tidak ketat. sebagian akhwat memakai gamis tapi sempit & jilbabnya kecil sehingga membentuk lekuk pinggulnya, ini juga kesalahan.
    4) tidak transparan. pilihlah kain yang tidak menerawang.
    5) tidak diberi parfum/wangi2an.
    6) tidak menyerupai pakaian laki-laki.
    7) tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
    8) bukan untuk mencari popularitas.
    Wallahu a’lam, secara ringkas begitu. kalau anti mau detail dalil2nya silahkan baca buku Jilbab Wanita Muslimah-nya Syaikh al-Albani atau artikel2 di Muslimah.or.id.

    Anti di kota mana? kenapa nggak coba jahit aja sendiri, coba tanya langsung pola gamis/jubahnya ke zaujah ana di blognya : http://ummushofiyyah.co.cc.

  18. assalamu’alaikum

    ana juga ingin skali jait untuk ana pake sendiri
    dan begitu membaca respon ini, ttg blog istri antum, ana langsung singgah
    untuk menanyakan sekiranya ana bisa di bagi pola gamisnya …

    syukron .. ana tunggu banget kabar mengenai pola ini

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    ya mudah2an dibikinin.

  19. Hati-hati penipuan penjualan mesin jahit online atas nama Christina Reynaldi (BANK BCA NO REK : 8000403343 a/n : ADRIN WALUYO) No. Hp: 0812-13894856 (sejak kemarini dihubungi sedang tidak aktif) & email di : christina.reynaldi@gmail.com& christinanataliasiregar@yahoo.com, anda semua bisa liat link: http://mycuttingmachine.blogspot.com/2009/12/toyota-quilt-50.html
    , http://allaboutsewingmachine.blogspot.com/2009/12/brother-pq1500s.html
    , dan tersebar di berbagai iklan baris lainnya. Penipu biasanya dengan/ tanpa menggunakan nama PT tertentu (hasil catutan/fiktif), setelah penipu mendapatkan korban, penipu langsung merubah profilnya, misal: menghapus nama&alamat PT yang dicatutnya

  20. trimakasih info nya!!! memang mencurigakan. soalnya harga barang memang selisih jauh,…seperti punya pabrik sendiri

  21. ini contoh2 perusahaan yg ditulis aldrin waluyo. careful!!! :
    – CV.IN MOTOR
    – CV.Sea World Boat Indonesia
    – Adwalyo Enterprise
    – PT.NUSAPRATAMA
    – PT. Laris Jaya Bicycle Sport

  22. wah.lumayan bangat.sebenarnya saya dari malaysia.:) trma kasih kerna mengajar membuat jilbab:) aku pengen kok pakai seperti ini.tapi saya sedih.tadi saya dengar berita,kerajaan malaysia melarang memakai hijab muka/purdah di tempat awam.padahal saya pengen bangat pakai hijab muka :'( ajarin dong g mana untuk buat purdah..bisa nggak?

    Ummu Shofiyyah :
    baarokallohu fiik, semoga Alloh memudahkan urusan anti dalam memakai hijab yang syar’i..
    ana Ummu Shofiyyah ukhti..zaujah pemilik blog ini..InsyaAlloh ana ada rencana bikin purdah di blog ana ukhti..tapi ana tidak bisa memastikan kapan bisa posting..

  23. Assalamu’alaikum ukhti,Alhamdulillah ana sudah beberapa x menjahit untuk pakai sendiri. ana minta pola dari teman.
    tapi ana kesulitan mencari bahan di tempat ana.
    paling2 ana coba bahan sanwos,yang murah. dimana ya bisa mendapatkan bahan cilvon & kelli?berapa harganya?kira2 selain itu yang mirip kain arab,bahan apa ya?dan berapa harganya?
    Syukron

    Wa’alaikumussalam warohmatulloh,
    coba di tanyakan langsung ke blog ummushofi.wordpress.com.

  24. MasyaaAllah mantab Umm! Semoga bermanfaat bagi umat..

  25. assalaamu’alaikum. afwan. ana mohon izin untuk mengcopi pola jilbab untuk buat jilbab keluarga ana. syukron.

    wa’alaikumussalam warohmatulloh, silahkan.

  26. assalamualaikum, ukhti saya sedang belajar jahit untuk gamis, boleh minta tolong di posting pola lidah untuk kancing depan dan lapisan leher, syukron.

  27. Syukron jiddan artikelnya ukhti…insyaAllah ana bisa buat sendiri drmah…

  28. jazakillah ,blh dicopy nda?pengen bkn jilbab sendiri,bgsnya bahan dari apa y?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: