Memilih Nama Untuk Anak

Memilih Nama Untuk Anak

sepatuanakNama-nama yang diharamkan :

1.Semua nama yang menghambakan diri kepada selain Alloh, contohnya : Abdul Masih, Abdur Rosul, Abdun Nabi, Abdul Ali, Abdul Syamsi, dll.

2.Nama-nama yang menghambakan diri kepada nama-nama yang disangka sebagai nama Alloh, contohnya : Abdul Maqsud, Abdul Ma’bud, Abdul Maujud, Abdus Satar,dll.

3.Memberi nama dengan salah satu nama dari nama Alloh ta’ala, contohnya : Alloh, Ar-Rohman, Al-Kholiq, Al-Bari’ dan nama-nama lain yang menjadi kekhususan bagi Alloh ta’ala.

4.Nama ‘Ajam yang menjadi kekhususan orang kafir, contohnya : Petrus, Susan, Diana, Rosa, George, Kristin, Paul, Jesus, dll.

5.Nama-nama berhala yang disembah selain Alloh, contohnya : Latta, Uzza,dll. Kalau di Indonesia seperti : Wisnu, Dewi, Dewa, dll.

6.Nama-nama syaithon, contohnya : Khinzab, Walhan, Al A’war, dll.

7.Nama-nama yang mengandung tazkiyyah, kedustaan, contohnya : Malikul Amlak (ملك الأملاك) artinya raja diraja, Sulthonus-Salathin (سلطان السلاطين) artinya sulthonnya sulthon, Qodhi Qudhot, Syaahan Syaah, Sayyidun Naas, dll.

Nama-nama yang dimakruhkan :

1.Memberi nama dengan nama-nama yang artinya menunjukkan kepada dosa dan maksiat seperti : Dzolim, Kadzdzab, Zaaniyah, dll.

2.Memberi nama dengan nama-nama hewan yang bermakna buruk, seperti : Himar (keledai), Kalbun (anjing), dll.

3.Memberi nama dengan nama-nama Fir’aun dan orang-orang sombong, seperti Qorun, Haamaan, dll.

4.Memberi nama dengan nama-nama yang merangsang, seperti : Ahlaam, Ariij, Abiir, Fitnah, Fatin, Syadiyah, Syadyu, dll.

5.Memberi nama dengan nama-nama Malaikat, seperti : Jibril, Mika’il,Isrofil,dll.

6.Memberi nama dengan nama-nama surat Al-Qur’an, seperti : Yasin, Hamim, Furqon,dll.

7.Memberi nama yang dikaitkan dengan lafadz Ad-Diin dan Al-Islam, seperti : Syamsudin, Nuruddin, Qomaruddin, Nurul Islam, Saiful Islam, dll.

8.Memberi nama dengan nama yang tersusun, seperti : Muhammad Aryo, Liana Yulaika, dll.

9.Memberi nama dengan nama-nama yang arti dan lafadznya tidak disukai oleh hati, menyalahi petunjuk nabi dalam membaguskan nama.

10.Memberi nama dengan nana-nama Yasar, Robah, Aflah, Nafi’, Najih, dll.

Tambahan dari kami :

Nama-nama yang terdengar lucu jika diartikan ke bahasa Indonesia:

1.Nama dengan fi’il (kata kerja) atau isim yang bermakna kata kerja, seperti Irhamna (إرحمنا) artinya : “rahmatilah kami!”, Iltizam bid Diin (إلتزام بالدين) yang artinya : “berpegang teguh pada agama”, dll.

2.Nama dengan harf, seperti Alaika (عليك) yang artinya : “atasmu”, Alaika bisa juga sebagai isim fi’il amr yang artinya : “wajib bagimu”. Inna (إنّ) yang artinya “sesungguhnya”, dll.

Seandainya seseorang bertemu orang Arab, lalu terjadi percakapan :

Orang Arab : (ماسمك) “siapa namamu” ?
Orang Indo : (إرحمنا) “Rahmatilah kami!”.
Orang Arab : ??

Berikut ini kami tuliskan nama-nama pilihan untuk anak, kami pilihkan yang penyebutannya tidak terlalu asing di telinga orang Indonesia atau sulit dalam penulisannya. Dan juga selain nama [عبد – Nama Alloh] seperti Abdulloh, Abdurrohman, atau [أمة - Nama Alloh] atau dengan bentuk tashghir [ عبيد – Nama Alloh] seperti Ubaidulloh, dst. Karena mudah tinggal disambung dengan salah satu Asma’ul Husna, sehingga tidak disebutkan di sini.

Kebetulan saat ini kami sedang menanti buah hati kami yang pertama, yang insyaAlloh akan lahir 1 bulan lagi….

Download di sini (Klik kanan > save as) :
http://tholib.files.wordpress.com/2007/02/02-25-namapilihan.doc

Maroji’ :
Tasmiyatul Maulud, oleh asy-Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid.
Menanti Buah Hati, oleh al-Ustadz Abu Unaisah.
Kitab-kitab rowi hadits, dll.

About these ads

50 Tanggapan

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    afwan akh ana mau tanya sama antum…kalau nama George itu kekhususan orang ajam apakah ada dalil jelasnya yg mengharamkan nama tersebut?

    sebabnya ana temukan di kitab tahzib al bidayah wan nihayah tentang seorang panglima Romawi bernama Jajarah (George) yang masuk Islam saat perang Tabuk. dan para sahabat Nabi tidak mengganti nama george tersebut.

    wallahu a’lam

    ana mohon penjelasannya.
    jazakallah khairan

    wa’alaimukussalam warohmatullahi wabarokatuh
    Yang tidak boleh itu nama ‘ajam yang merupakan kekhususan orang kafir, sedangkan nama ‘ajam yang bukan kekhususan orang kafir insyaAlloh tidak mengapa dan tidak disyari’atkan merubahnya jika sudah terlanjur dinamai.
    Dalilnya umum : “man tasyabbaha bi qoumin fa huwa minhum.”
    Apa Jajarah = george?
    Ana agak lupa tulisan arabnya, coba antum rujuk ke kitab tasmiyatul maulud & mu’jam manahi lafdziyyah-nya asy-syaikh Bark Abu Zaid, ana nukil dari sana.
    asy-Syaikh al-Albani dalam silsilah huda wan nur pernah mengatakan bahwa jika ada diantara shohabat / tabi’in yg namanya menyelisihi larangan dalam hadits, mungkin larangan datang setelah mereka memakai nama dgn nama tsb atau hadits tsb belum sampai ke shohabat tersebut.
    Allohu A’lam.

  2. tolong cantumkan nama-nama islam yang unik dan indah untuk anak perempuan or laki-laki

    kan sebagiannya sudah ditulis di file doc-nya.

    http://tholib.files.wordpress.com/2007/02/02-25-namapilihan.doc

    Yg lain bisa dilihat di kitab tasmiyatul maulud asy-Syaikh Bakr Abu Zaid, Menanti Buah Hati ust Abdul Hakim, dll.

  3. Mohon diberikan contoh-contoh nama menurut Islam dengan disertai arti serta tulisan Arab nya

    donlot di >> http://tholib.files.wordpress.com/2007/02/02-25-namapilihan.doc

  4. maksud dng nama yg tersusun itu apa ya???

    yakni namanya dobel-dobel alias nama untuk 3 orang jadi 1, misal : Muhammad Isa Dawud.
    Tersusun dari : Muhammad, Isa dan Dawud. 3 in 1.
    Rosululloh, para Nabi dan para Shohabat namanya nggak tersusun alias dobel-dobel begitu, tapi cukup 1 saja…
    misal :
    Muhammad bin Abdillah shollallohu alaihi wa sallam, namanya Muhammad saja, “bin”-nya adalah nasab ke orang tua beliau.
    Isa bin Maryam, namanya Isa saja.
    Umar bin al-Khoththob, namanya Umar saja.

    Kalaupun ada tambahannya seperti Umar al-Faruq, maka al-Faruq itu sebenarnya bukan nama beliau, tapi adalah laqob / julukan.
    atau Salman al-Farisi, al-Farisi itu adalah nisbatnya ke daerah asal beliau.

    Emang agak asing kalo di indonesia, kayak anak ana namanya Shofiyyah, banyak yg tanya “Shofiyyah siapa?”, ana jawab “Shofiyyah bintu Abi Shilah !!”

  5. ya akhi dan ukhti
    sekarang ini saya sedang menunggu kelahiran anak peratama saya. Menurut hasil USG insya Allah perampuan.Saya minta tolong untuk diusulkan nama yang artinya: pemimpin wanita yang mulia. Terima kasih untuk bantuannya. Wassalamualaikum wb

    Wa’alaikumussalaam wa rohmatulloh wa barokaatuh,
    Mungkin yg artinya seperti itu : Sayyidah, tapi ini biasanya untuk julukan, misal : sayyidah ‘Aisyah, sayyidah fathimah rodhiyallohu anhuma. kalau dijadikan nama khawatirnya bermakna tazkiyyah, coba baca dalam artikel:
    berkun-yah bagi orang yang tidak punya anak/
    Kalau yang artinya “Wanita yang mulia” (tanpa ‘pemimpin’) : Karimah atau Syarifah, dll.
    Wallohu A’lam.

  6. Ass. Wr. Wb
    Ana minta tolong dicarikan nama untuk nama anak (belum diketahui jenis kelaminnya) yang artinya kira2 “Hamba Allah yang diridhoi/dimaafkan/dimuliakan” (Abdullah …).
    Kalo Abdullah itu untuk laki2, bagaimana dengan perempuan ? Apa nama terbaiknya ?
    Syukron Katsiro.

    Wa’alaikumussalaam wa rohmatulloh wa barokaatuh,
    Kalau perempuan ya tinggal mengganti kata “Abdun” pada nama “Abdu-[salah satu Nama Alloh]” dengan “Amatun”, misalnya Untuk laki-laki > “Abdulloh” ; Untuk perempuan > “Amatulloh”,
    Untuk laki-laki > “Abdurrohman” ; Untuk perempuan > “Amaturrohman”,
    Untuk laki-laki > “Abdul Aziz” ; Untuk perempuan > “Amatul Aziz”,
    dll.
    Pertanyaan yang lainnya Wallohu A’lam.

  7. Ada beberapa tambahan berkaitan dengan artikel ini :

    Yg pertama : ttg nama George yg ditanyakan al-Akh Abu Hannan di atas, tulisan arabnya –sebagaimana dalam Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah Bakr Abu Zaid- adalah (جورج). Dan mungkin saja ada khilaf ttg apakah George adalah nama kekhususan orang kafir atau tidak. Wallohu A’lam.

    Yg kedua : Belakangan ini kami membaca kitab “Nadzorot fi Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah” yang ditulis oleh asy-Syaikh Abul Barro’ Ali Ridho, yang di sana beliau mengkritik beberapa masalah yang disebutkan dalam kitab “Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah” yang ditulis asy-Syaikh Bakr Abu Zaid. Kebanyakan kritikannya adalah dalam masalah shohih-dho’ifnya hadits yg dijadikan hujjah dalam Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah dan juga qoidah dalam mengharamkan sesuatu.

    Dan kritikan-kritikan tersebut -secara tidak langsung- juga mengena kepada kitab “Tasmiyatul Maulud” oleh asy-Syaikh Bakr Abu Zaid (yang ini sudah ada terjemahnya), yang kami menukil dari sana dalam artikel yang kami tulis di atas.

    Di antara kritikan tersebut (yang berkaitan dengan artikel di atas) adalah tentang pengharaman memberi nama dengan nama-nama ‘Ajam yang dilakukan asy-Syaikh Bakr Abu Zaid. Dan kami tidak memasukkannya dalam artikel kami di atas, karena memang agak aneh. Dan al-Ustadz Abu Unaisah juga tidak memasukkannya dalam kitab beliau.

    Dan juga terdapat kritikan tentang makruhnya memberi nama dengan nama malaikat. Memang ada hadits yang melarang memberi nama dengan nama malaikat, yakni hadits :

    سموا بأسماء الأنبياء و لا تسموا بأسماء الملائكة
    “…Berilah nama dengan nama-nama para Nabi dan jangan beri nama dengan nama-nama Malaikat.” [HR. al-Bukhori dalam at-Tarikh al-Kabir dan al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman]

    Akan tetapi hadits ini dho’if, di Dho’ifkan al-Imam al-Albani dalam Dho’iful Jami’ (3283) dan al-Imam al-Bukhori sendiri setelah membawakan hadits ini berkata : “fi isnadihi nazhor” menandakan beliau juga mendhoifkannya.

    Akan tetapi para ‘ulama memang khilaf dalam masalah memberi nama dengan nama Malaikat, yakni nama khusus para malaikat seperti Jibril, Isrofil, Mikail. Dan ttg adanya khilaf ini sudah diisyaratkan oleh asy-Syaikh Bakr Abu Zaid dalam Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah. Al-Imam Malik memakruhkan memberi nama dengan Jibril (Wallohu A’lam apakah makruh tahrim atau tanzih) sedangkan dalam beberapa kitab madzhab asy-Syafi’i dan Hambali kami membaca bahwa mereka tidak memakruhkannya, yakni boleh. Berkata An-Nawawi dalam al-Majmu’ (8/436):

    مذهبنا ومذهب الجمهور جواز التسمية باسماء الانبياء والملائكة صلوات الله وسلامه عليهم أجمعين ولم ينقل فيه خلاف الا عن عمر بن الخطاب رضى الله عنه أنه نهى عن التسمية بأسماء الانبياء وعن الحرد بن مسكن انه كره التسمية باسماء الملائكة وعن مالك كراهة التسمية بجبريل وياسين
    “Madzhab kami dan madzhab jumhur adalah bolehnya memberi nama dengan nama para Nabi dan Malaikat sholawatullohi wa salaamuhu ‘alaihim ajma’in, dan tidak dinukil khilaf pada masalah ini kecuali dari ‘Umar bin al-Khoththob rodhiyallohu anhu bahwa beliau melarang memberi nama dengan nama para Nabi, dan dari al-Hard bin Miskin (Mungkin ada salah tulis, yg benar : al-Harits bin Miskin, pent) bahwa ia membenci memberi nama dengan nama para Malaikat, dan dari Malik makruhnya memberi nama dengan Jibril dan Yaasiin.” -selesai nukilan-

    Pendapat al-Imam Malik yang memakruhkan memberi nama dengan “Jibril” tersebut juga diikuti oleh sebagian ‘ulama seperti al-Imam Ibnul Qoyyim dalam Tuhfatul Maudud dan asy-Syaikh Ibnul Utsaimin dalam al-Manahi al-Lafdziyyah. Akan tetapi kami tidak mengetahui dalil yg mereka jadikan hujjah untuk melarang memberi nama dengan nama kekhususan Malaikat selain hadits di atas yang sanadnya dho’if.

    Adapun pendapat ‘Umar rodhiyallohu anhu yang melarang memberi nama dengan nama para Nabi terbantahkan dengan beberapa hadits yang menunjukkan taqrir Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam terhadap Bani Isro’il yang memberi nama dengan nama-nama para Nabi dan orang-orang sholeh, dan juga perbuatan Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam yang memberi nama anaknya dengan “Ibrohim”, dll.

    Dan masih ada beberapa kritikan lainnya tentang nama-nama dan lafadz-lafadz yang terlarang yang tidak berkaitan dengan artikel kami di atas.

    Barang siapa ingin beristifadah dengan kitab “Nadzorot fi Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah” yang ditulis oleh asy-Syaikh Ali Ridho -Jazahullohu Khoiron ‘ala hadzihi an-Nadzorot- silahkan download di :

    http://www.albaidha.net/book/nadarate.zip

    Sedangkan kitab “Mu’jam al-Manahi al-Lafdziyyah” dan “Tasmiyatul Maulud” dapat di download di almeshkat.com, dengan tanbih bahwa dalam almeshkat.com bercampur antara kitab-kitab Ahlus Sunnah dengan kitab-kitab Ahli Bid’ah, jadi berhati-hatilah dalam memilih!!

    Wal ‘Ilmu ‘Indallohi Ta’ala..

  8. data nama bayi dengan makna nya, please.

  9. salam buat semuanya…
    kalau kasih nama shohibul jalalah buat atasan kita boleh ga ???? dzul jalal wal ikrom kan ALLAh TA’ALA ???

    Kan atasan antum sudah punya nama, jadi antum panggil sesuai namanya aja, pak fulan, gitu…

  10. assalaamualaikum, ana punya satu pertanyaan akhi yang selama ini masih belum tahu jawabannya, dan masih membuat penasaran. alangkah senangnya jika antum bisa membantu menjawabnya atau menanyakan kepada ustadz yang lebih tahu…

    permaslahannya adalah tentang nama-nama yang dimakruhkan/diharamkan (?) seperti mungkin misalkan khoir, dimana dalam hadits yang membahas ini (afwan ana gak apal), bahwa dibencinya adalah kareka ketika ditanyakan “dimana khoir ?”, kalo orangnya kebetulan tidak ada maka jawabnya “tidak ada khoir”. maka jawabannya menjadi penafian terhadap khoir yg artinya kebaikan itu sendiri. tidak ada kebaikan.

    nah, kemudian nama-nama yang lain seperti shalih misalnya yang jelas-jelas boleh karena dia termasuk nama nabi, kan bisa saja seperti kasus diatas. ketika dimana shalih ? jawab tidak ada sholih…

    maka bagaimana batasannya nama-nama yang dibenci/dilarang karena kaidah diatas…

    jazakallah khoiron

    akhukum fillah.
    (sata’lamu man ana insyaAllah)

    Allohu A’lam, ana juga belum tau …

  11. Ass.wr.wb.
    mohon bantuannya untuk menyambungkan nama calon anak perempuan kami secara bahasa arab, dengan tiga alternatif nama:
    *Mufidah Hazima
    *Majida Hanania
    *Mirza Hanis

    nama di atas cocok tidak untuk anak perempuan dan adakah arti negatif dari nama tersebut? Terimakasih.
    Wassalamualaikum wb

    wa’alaikumussalam, wallohu a’lam.

  12. assalaamualaikum,
    Saya punya nama untuk calon anak kami,

    “Ikhtiarieni Khairi Shevenko”

    menurut akhi baguskah pemberian nama tersebut, karena saya pribadi ingin nama yang berasal dari gabungan bahasa arab dan dari nama kami berdua yang berarti:

    “pilihan yang terbaik”

    Mohon saran dan masukannya, jazakallah khairan

    Wassalamualaikum wb

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Kalau Ikhtiarieni Khairi, saya agak bingung menerjemahkannya…
    Kalau nama yang artinya “yang terpilih” itu misalnya : al-mukhtar atau al-Mushthofa.

  13. Di dalam nama terpancar doa, tapi nama2 Indonesia juga bagus (karena saya orang Indonesia) Rosululloh memberikan contoh nama2 itu karena Rosululloh orang Arab, jadi tentunya mengacu pada nama2 Arab. Jadi bukan merupakan kewajiban kan memakai nama2 itu ?

    Memang tidak wajib, tapi ada nama-nama yang disunnahkan

  14. pak ustads saya punya anak dengan nama “altamis abdillah hijry” bagai mana dalam artianya dan apakah baik nama tersebut . terimakasih

    Saya bukan ustadz. Yang memberi nama seharusnya lebih tau apa arti nama tersebut, tapi kalau menurut saya nama tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa arab, “altamis” (dari kata “iltamasa-yaltamisu-iltimasan”) artinya ‘aku mencari’.

    “abdillah” artinya hamba Alloh, tapi kenapa kok di kasroh? harusnya “Abdalloh” karena dia sebagai maf’ul.

    “hijry” (hijroh ?)

    Tapi kalau sudah terlanjur dinamai ya sudah, tidak wajib diganti. Wallohu A’lam.

  15. assalamualayum warahmatullohi wabarakatuh
    afwan ana baru gabung disini ana mau tanyakan kalo untuk nama anak perempuan “Salma Barrah” artinya apa yah?

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Salma ana tidak tahu artinya, Wallohu A’lam.

    Adapun Barroh berasal dari kata “al-Birr” yang artinya kebaikan, tapi Rosululloh dalam beberapa hadits melarang memberi nama dengan “Barroh” karena mengandung tazkiyah (pensucian diri) dan memerintahkan kepada orang2 yang sudah terlanjur dinamai dengan Barroh untuk merubahnya.

    Di antara hadits tersebut :
    عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ قَالَ سَمَّيْتُ ابْنَتِى بَرَّةَ فَقَالَتْ لِى زَيْنَبُ بِنْتُ أَبِى سَلَمَةَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ هَذَا الاِسْمِ وَسُمِّيتُ بَرَّةَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمُ اللَّهُ أَعْلَمُ بِأَهْلِ الْبِرِّ مِنْكُمْ ». فَقَالُوا بِمَ نُسَمِّيهَا قَالَ « سَمُّوهَا زَيْنَبَ ».

    Dari Muhammad bin Amr bin Atho, ia berkata : aku menamai anak perempuanku ‘Barroh’, maka Zainab bintu Abi Salamah berkata kepadaku : “Sesungguhnya Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam melarang nama ini dan aku dulu diberi nama ‘Barroh’, maka Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda ‘Jangan kalian sucikan diri-diri kalian, Alloh lebih mengetahui siapa orang yang baik di antara kalian’, maka orang-orang bertanya : ‘dengan apa kami menamainya?’ Rosululloh menjawab : ‘namai ia Zainab’.”
    [HR Muslim no. 2142]

  16. Assalaamu’alaykum.
    Afwan, mohon untuk diberikan arti dari nama-nama ini :
    Unaisah, Habibah, Hanifah, Jauza’, Rumaitsah, Salma, Fa’izah, Najla’, Nafisah, Haifa’. Kakak saya ingin memberikan nama anak pertamanya dengan salah satu nama tersebut, tapi ingin mengetahui artinya terlebih dahulu. Jazakummullohu khoiron katsiron.

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokaatuh,
    Unaisah : perempuan kecil yang ramah/lembut
    Habibah : kekasih
    Jauza’: diambil dari nama bintang di langit

  17. Nabawea bener juga ya….
    Itu si raja saudi, dipanggil sohibul jalalah… Apa ga kegedean ya..

    Wallohu A’lam, ana belum tau hukumnya menggunakan sebutan ‘shohibul jalalah’ untuk memanggil seseorang.
    ‘Fas-alu ahladz dzikri in kuntum laa ta’lamun’
    “Bertanyalah kepada ahludz dzikr (ahlul ilmi) jika kalian tidak mengetahui”

    Kalau antum di Saudi, tanyakan saja kepada para ‘ulama di sana, ada asy-Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad, asy-Syaikh Robi’ bin Hadi, Lajnah Da’imah, dll -hafidzohumulloh-.

    Kalau antum di jakarta coba tanya ke asatidzah di radio Rodja 756 AM, biasanya setelah kajian ada tanya jawabnya. infonya di http://radiorodja.com

  18. MasyaAllah, informasi yang ada disini sangat berguna, bolehkah ana mengkopynya untuk dijadikan sebagai bahan nasihat untuk keluarga ana

    Jazakumullah khairan katsira

    al-Hamdulillah, silahkan akhi. semoga bermanfaat. wa iyyakum.

  19. Abu Shilah…Apakah berlebihan nama anak saya ini?’Abdurrohman Azka?Azka ini hanya untuk nama panggilan..karena khawatir nanti dipanggil rohman..(sebagaimana kebiasaan orang2 indonesia)

    Kemudian nama Azka itu artinya apa?Kata orang-orang nama AZKA seperti nama perempuan..
    Soalnya saya memutuskan memberi nama itu setelah saya cari di web termasuk nama anak laki-laki..
    jazakumulloh khoir atas jawabannya..
    Barokallohu fiikum..

    Memang diantara musykilahnya orang awam atau bahkan sebagian ikhwah kita, mereka terkadang menyingkat nama orang sembarangan, terutama seperti yg anti katakan; Abdurrohman disingkat Rohman, Abdulloh disingkat Dollah, Abdul Hakim disingkat Hakim, dll. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut menghalangi kita memberi nama dengan nama-nama yg baik tersebut sebagaimana di sabdakan oleh Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bahwa Abdulloh dan Abdurrohman adalah nama yang baik.

    Adapun Azka, kalau nama ini diambil dari bahasa Arab dan tulisan Arabnya (أَزْكَى) artinya lebih suci atau lebih baik. seperti dalam beberapa ayat al-Qur’anul Karim, seperti:

    ذَلِكُمْ أَزْكَى لَكُمْ وَأَطْهَرُ

    “…yang demikian lebih suci bagimu dan lebih bersih …” [QS. al-Baqoroh : 232]

    Dan kata Azka yang seperti ini adalah isim tafdhil dari kata (زَكَّى), bisa untuk laki-laki atau perempuan.

    Tentang apakah namanya berlebihan atau mengandung tazkiyah atau tidak, Wallohu A’lam. Karena Azka dan Tazkiyah berasal dari kata dasar yg sama : Zakka. Coba ditanya ke para ustadz.

  20. assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh. aduh saya baru nemu nih, jadi maaf sangat terlambat, tapi saa yakin lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. ya akhi saya udah punya 2 anak, pertama saya kasih nama lazimnya orang indonesia (4 nama untuk 1 orang, terlalu panjang karrena dulu saya belum mengenal salaf, tahu salaf sekedar nama) dan sekarang anak saya berumur 5 bulan dan dikasih nama salman al – fathon. sebelumnya saya udah nanya sama ustadz. nama tersebut hasil dari pertikaian antara saya dan istri. saya minta salman saja, istri saya minta ditambahin, jadilah salman al- fathon. tolong komentari uneg – uneg saya tadi biar ada kejelasanya. jaza khoeron.

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh, InsyaAlloh nggak papa…

  21. Nama yang berkaitan dengan agama (Qomaruddin, dsb) kenapa hukumnya makruh, apa landasannya? Begitu juga nama yang “terdengar lucu” kenapa dimasukkan dalam tambahan yang makruh, apa landasannya? Kalau misalnya, namanya Salamun Alaika, apakah juga makruh, apa landasannya?

    Terima kasih

    Nama yang dikaitkan dengan lafadz Ad-Diin dan Al-Islam dimakruhkan oleh asy-Syaikh Bakr Abu Zaid karena nama-nama tersebut mengandung tazkiyah, diantara dalilnya adalah:
    فَلَا تُزَكُّوا أَنفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى
    “Janganlah kalian men-tazkiyah (mensucikan) diri-diri kalian, Alloh yang lebih mengetahui siapa orang-orang yang bertaqwa” [an-Najm: 32]
    Ada juga dasarnya dari hadits riwayat Muslim, sudah ditulis di komentar terdahulu di atas, atau bisa dibaca di bukunya al-Ustadz Abdul Hakim Abdat yang berjudul “Menanti Buah Hati Hadiah untuk yang dinanti” atau buku “Tarbiyatul Abna’” nya Syaikh Musthofa al-Adawi.
    Adapun nama yg terdengar lucu (dan ini hanyalah tambahan dari kami, bukan dari kitab2 maroji’), tidak kami masukkan ke dalam yang makruh, tapi sekedar maknanya yang aneh dan menunjukkan bahwa orang yang memberi nama belum paham bahasa Arab dengan baik (jika nama yg diberikan menggunakan bahasa arab). Bayangkan saja jika ada orang asing memberi nama anaknya dengan ucapan salam dalam bahasa Indonesia semisal “Apa Kabar”. Begitu juga “Salamun Alaika”…
    Lebih baik memberi nama dengan nama orang2 sholeh dari para Nabi, Shohabat / shohabiyah, dan para ‘ulama.

    Wallohu A’lam.

  22. Ada pembasahan menarik di forum sahab.net tentang nama-nama untuk anak perempuan.

    Di link berikut ada 200 lebih nama untuk anak perempuan yang diambil dari nama para shohabiyah & para wanita salaf:

    http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=363890

    Dan di link berikut ada syarahnya :

    http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=364638

    Semoga Alloh membalas para penulisnya dengan kebaikan…

  23. assalammu’alaikum
    tolong minta penjelasannya klo nama ini apa artinya muhammad rafi almair dan bila perlu perbaikan sebaiknya apa namanya?
    sekalian saya pengen nama depannya muhammad dan nama seterusnya yang artinya “yang ditinggikan derajatnya” kira2 apa ya dalam bahasa arab
    terimakasih sebelumnya…
    ditunggu jawabannya….

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Wallohu a’lam.

  24. assalammu’alaikum
    tolong minta penjelasannya klo nama ini apa artinya muhammad rafi almair dan bila perlu perbaikan sebaiknya apa namanya?
    sekalian saya pengen nama depannya muhammad dan nama seterusnya yang artinya “yang ditinggikan derajatnya” kira2 apa ya dalam bahasa arab
    terimakasih sebelumnya…
    ditunggu jawabannya….

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Waallohu A’lam, la adri. Coba antum tanya ke para ustadz saja ya, kan sudah banyak yg punya blog, seperti ustadz Abdullah Roy, dll.

  25. minta referensinya buat nama anak laki2 saya……saya ga bisa gabungin katanya takut salah gabung n beda makna n tujuannya
    terimaksih

    Contoh nama anak sudah ana lampirkan dalam posting di atas, silahakn di download.

  26. Assalamu’alaikum
    apakah memberi nama untuk perempuan “maryam az-zuhri” tidak menyalahi etika dalam segi makna..?
    dan penggunaaan kata Maryam apakah termasuk yang dimakruhkan karana menggunakan nama surat dalam Alqur’an .Jazakallohu khoiron.

    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,

    Tidak ada larangan menggunakan nama Maryam, bahkan dianjurkan karena termasuk nama orang sholeh.

    Adapun “az-Zuhri”, ini adalah nisbah (penyandaran), tapi ana tidak tahu apa nisbahnya kepada nama daerah asal atau suku. Kalau untuk wanita adalah “az-Zuhriyyah”.

    Seperti nama “al-Bukhori” yang merupakan nisbah dari nama daerah asal si pemilik nama yaitu dari Bukhoro, misalnya nama Muhammad al-Bukhori artinya : Muhammad dari daerah Bukhoro. Jadi aneh kalau ada orang yang lahir & tinggal di Indonesia menggunakan nama al-Bukhori.

    atau “al-Qurosyi” yang merupakan nisbah dari nama suku si pemilik nama yaitu suku Quraisy, misalnya nama Muhammad al-Qurosyi artinya : Muhammad dari suku Quraisy.

    Wallohu A’lam.

  27. assalamu’alaykum
    apakah nama Kezia/Keziah termasuk nama yg islami..?
    ana search d internet, kezia berasal dari bahasa Ibrani (yahudi) yang berarti pohon cassia (cassia tree) yaitu pohon yang menghasilkan kayu manis. sumber nama ini juga ada dalam Alkitab pada kitab Ayub yang mengatakan bahwa ini adalah nama salah satu anak perempuan Ayub.
    apakah betul nama kezia nama salah satu anak perempuan nabi ayub..?
    apakah nama ini termasuk nama ‘ajam..?

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,

    Wallohu A’lam, la adri.

  28. assalamu’alaykum, akhi..

    selasa, 9 rajab yg lalu anak pertama kami lahir dan diberi nama hiroz abdullah attuqo, yang ana masih bngung dan ragu2 apakah “attuqo” itu maknanya jadi tazkiyah g y?
    kalau arti taqwa dlm bhs arab yg tdk trmasuk makna tazkiyah ada g y?
    kata2 apa saja yang trmasuk tazkiyah?
    jazakallah khair akhi..

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Allohu a’lam akhi, coba ditanyakan ke para ustadz aja.

  29. Assalamu’alaikum wr wbt

    Afwan, ana baru bergabung…jika Muhammad Abyan Firdaus, apakah benar artinya ‘orang yang terpuji, fasih/jelas penjelasannya, surga tertinggi’?…baik dan sesuai sunnah Rosul-kah nama tersebut?

    jzklh

    wassalam

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Sebagian ulama seperti syaikh Bakr Abu Zaid memakruhkan nama yang tersusun, dengan alasan bahwa para Nabi alaihimussalam sejak dahulu sampai zaman Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam dan para shahabat hanya memberi nama dengan cukup 1 nama saja, sedangkan nama dibelakangnya adalah nasab ataupun nisbat pada sesuatu.
    Seandainya ingin nama itu lebih dari satu kata, bisa dengan menambahkan nama marga atau suku atau daerah asal dibelakang namanya seperti yang ada pada sebagian adat di Indonesia, atau dengan menambahkan nama kunyah.
    Wallohu a’lam.

  30. Assalamu’alaikum warahmatullah.
    akhi..
    ana mau tanya…maaf ana terlambat dan masih awam..
    jelaskan maka dan arti nama ini..
    adik saya diberikan nama…

    Sulaiman Abdul Hannan..

    apakah nama ini baik/di bolehkan ya akhi?

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh,
    Nama al-Hannan diperselisihkan oleh para ulama apakah ia termasuk asmaul husna ataukah tidak.
    Akan tetapi hadits-hadits yang menyatakan “al-Hannan” sebagai nama Alloh adalah dho’if, sebagaimana difatwakan syaikh Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Nur ala ad-Darb, Syaikh Robi’ bin Hadi al-Madkholi di website beliau, dll.
    Wallohu a’lam.

  31. assalamu’alaiku , maaf saya baca katanya nama nama malaikat di makruhkan , boleh tau kenapa ?

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh
    Masalah ini khilaf, karena ada hadits yang melarang memberi nama dgn nama malaikat, akan tetapi ada yang mendhoifkan hadits tsb.
    Masalah ini pernah dibahas dikomentar di atas, klik disini.

  32. Assallammualaikum.. Wr. Wb. mohon pencerahannya untuk nama Muhammad Zaidan Fakhrillah.., baik atau tidak, kalau ingin memberi nama anak pemimpin yang tangkas.. arabnya seperti apa ya..?
    Jzklh
    Wassalamm…

  33. assalamualaykum..
    mf sblum nya,,sya mw nanya arty dr nma sodara saya apa ya,
    (HERA WATI) sudah dya tanya sma org2 ,,tp gk tw ktnya
    tlong ya,dan apakahbaik mengguna kan nma tersebut,,??

    Wa’alaikumussalam warohmatulloh,
    Wallohu a’lam, saya tidak tahu.

  34. assalamu’alaikum wr.wb

    ana mau tanya kalo kasih anak nama ini bagaimana
    ‘shofiyyah ayatul ilma, usamah abdullah hasan’
    apa artinya tidak ngaco?

  35. assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

    saya mau tanya tentang nama saya..
    kebetulan sekali nama saya dan suami saya seperti nama2 yang diharamkan : saya dewi dan suami saya wisnu.
    apa yang harus kami lakukan?apakah saya dan suami harus mengganti nama dari pemberian orang tua kami?

  36. assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

    ust, bagaimana kalau memberi nama anak dengan nama nabi/malaikat ibrani (abram,yismael)?.

    Bagaimana dengan nama izrail yg artinya “yang dibantu Allah”?.

    Bagaimana dengan nama israil yang merupakan nama lain dari nabi yaq’ub?.

    jazakallah khair

  37. assalamu alaykum warahmatullahy wabarakatu
    saya mau bertanya apakah nama MUHAMMAD RIFKY AL-QADRI itu adalah nama yang baik. dan tolong diartikan….?

  38. assalamualaikum wrwb.
    anak saya bernama ABDURRAHMAN HABIBULLAH , APAKAH ITU BOLEH DAN MENURUT SAYA ARTINYA ADALAH HAMBA ALLAH YG DIKASIHI ALLAH , APA BENAR ??

  39. assalaamu’alaikum,

    saya sedang menunggu kelahiran anak pertama yang insyaallah jenis kelaminnya laki2, dan saya berniat memberinya 2 (nama). yang pasti salah satunya adalah ‘Abdillah’. Bisa minta tolong sarannya nama apakah yg baik untuk dipasangkan dengan nama ‘Abdillah’ tersebut, baik didepannya atau dibelakangnya. Terima kasih atas bantuannya

  40. @Abu Shilah. Forum di sahab.net berbahasa arab, bisa tlg berikan terjemah inggris atau indonesianya? Jazaakallaahu khayran

  41. ‘afwan ustadz, untuk az-zuhriy.. nampaknya antum keliru…

    Nama “Az Zuhriy” tersebut adalah nisbat kepada “kakek buyut”nya..

    Namanya adalah:

    Muhammad ibn Muslim ibn ‘Ubaydullah ibn ‘Abdullah ibn Syihab ibn ‘Abdullah ibnul Haarits ibnuz Zuhriy

    Sebagaimana nisbat Imam Muhammad ibn Idris kepada asy Syaafi’iy.. asy Syaafi’iy sendiri adalah nama kakek buyutnya; yang bernama asy Syaafi’iy ibn Syu’`aib

    [Lihat asy-Syafi’i Hayatuh wa ‘Asruh wa Ara’uhu wa Fiqhuhu, cet. ke-2 (Beirut: Dar al-Fikr, 1948), hlm. 16-17]

  42. aslmkm wr wb. ustadz, saya mau bertanya tentang permasalahan nama saya. nama saya zikri alhadi, bolehkah nama alhadi dibelakang zikri itu digunakan? saya dengar asmaul husna tidak boleh dipakai untuk nama manusia kecuali memakai abdul atau habib sebelumnya? kalau nama zikri sebelum alhadi boleh ga ustadz? saya sudah berusia 28 tahun dan seorang pns, tentu akan sulit merubah nama saya karena akan merubah dari seluruh ijazah dan surat pengangkatan saya sebagai pns. jujur, ini menjadi bahan pikiran saya akhir2 ini. terima kasih atas jawabannya ustadz. wassalam

  43. bismillaah…apa hukumnya nama akbar,apakah boleh atau tidak? jika terlarang apa dalil larangannya?

  44. Assalammualaikum
    maaf mau tanya
    arti nama el shaarawy itu apa ya
    saya searching tidak menemukan menurut islam
    mohon bantuannya

  45. sama saya juga ingin tau arti nama el shaarawy

  46. Assalaamualaikum, Ustaz
    Saya punya calon nama untuk anak kami,

    Muhammad Rifky Al-Rais
    Muhammad Rizky Al-Rais
    Muhammad Zikry Al-Rais

    menurut ustaz diantara ketiga nama tersebut, mana yang lebih tepat. karena saya pribadi ingin nama Muhammad Rifky Al-Rais. tapi masih dalam pertimbangan.

    Mohon saran dan masukan ustaz serta arti dari ketiga nama tersebut. terimaksih.

  47. Assalaamualaikum.
    Jadi bolehkah menamai anak dengan awalan Muhammad karena di Indonesia banyak nama dengan awalan Muhammad? seperti Muhammad resky dll?

  48. Tolong infonya dg,arti nama WILDAN ZAYID menurut bahasa arab,makadih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: